Kamis, 18 Maret 2010

Sebuah Kesaksian

oleh : ust. Hilmi Aminuddin

Sebagai shahibul dakwah, shahibul masyirah, teman perjalanan dalam dakwah dan perjuangan, saya memberikan kesaksian yang tulus, jujur, ikhlas pada Ustadz Rahmat Abdullah. Sepanjang 25 tahun dalam perjalanan dakwah, dalam tugas apapun, dalam fungsi apapun, dalam posisi apapun, akhuna rahimahumullah Rahmat Abdullah selalu mengambil posisi yang terbaik, selalu mengambil peran yang terbaik, selalu memberikan sumbangan yang terbaik.

Saya, 25 tahun yang lalu merasakan kehangatan tangan beliau ketika mengulurkan tangan untuk bersama-sama membangun dakwah ini, memuliakan dakwah ini. Beliau menyambut para pendiri jamaah dakwah ini untuk membangun anak tangga keberhasilan, bagi perjuangan membela umat ini. Walaupun, tangga-tangga yang beliau bangun itu, tidak sempat menitinya.

Peran dan posisi terbaik, selalu beliau tunjukkan. Saat menjadi sahabat beliau adalah khairul ashab (sebaik-baik sahabat), ketika menjadi suami beliau adalah khairul azwaj (sebaik-baik suami), ketika menjadi seorang bapak beliau adalah khairul aaba (sebaik-baik orang tua), ketika beliau menjadi seorang mutarabbi (murid) beliau adalah khairul mutarrabbin (sebaik-baik murid), dan ketika beliau menjadi murabbi (guru) beliau adalah khairul murabbin (sebaik-baik guru). Ketika menjadi jundi (prajurit) beliau adalah khairul junud (sebaik-baik prajurit), ketika menjadi qiyadah (pemimpin) beliau adalah khairul qiyadaat (sebaik-baik pemimpin).

Kenapa bisa demikian, karena modalnya hanya satu, ash-sidq, yaitu kebenaran dan kesungguhan dalam segala hal. Baik as shidqu ma’a robbihi (jujur kepada Allah swt) wa shidqu ma’a nafsihi (jujur kepada dirinya). Sehingga beliau dengan siapa pun tidak pernah memakai bahasa diplomasi, selalu tulus terbuka, ikhlas membuka diri. Kalau benar dia katakan benar, kalau tidak mampu dia katakan tidak mampu.

Dengan siapa pun ia selalu memakai bahasa hakikat. Oleh karena itu terpancar ash-shidq ini kepada segala aspek pergaulan, as shidqu ‘ala da’watihi wa sidhqu ‘ala jama’atihi. Seluruh perjalanan kehidupannya dihiasi dengan shidq. "Minal mu’minina rijalun shadaquu maa ‘aahadullaha ‘alaihi...."(QS. Al Ahzab:23)

Dan pada hari ini beliau dengan shidiq itu pula menghadap Robbul Alamin. Insya Allah sebentar lagi beliau akan menduduki posisi fi maq’adi shidqin ‘inda maliikin muqtadir. (QS. Al Qamar:55) yang akan mendapatkan posisi shidq yang mulia di sisi Allah swt.

Saat ini beliau telah kembali, setelah 3 tahun yang lalu mengantarkan murid beliau yang terbaik, Ust. Madani. Dan sekarang, beliau sendiri akan berkumpul dengan ashshabiqunal awwalun (para pendahulu) dari salafus shalih minal mujahidina wad du’aat insya Allah, dan sekali lagi insya Allah beliau akan menempati posisi yang mulia fi maq’adi shidqin ‘inda malikin muqtadir.

Pada kesempatan ini saya harus bersaksi wafaan lil baiah, wafaan lil ahd, wafaan lid dakwah sebagai bukti kesetiaan kita secara ukhuwah Islamiyah. Saya juga bersaksi bahwa beliau bukan saja orang terbaik di antara kita, tetapi beliau adalah orang yang paling kaya di antara kita, ghaniyyun bi rabbihi (kaya dengan Allah) yang menghujam sebagai akidah di lubuk hati nuraninya sehingga memancarkan kekayaan moral, kekayaan spiritual, kekayaan akhlak, kekayaan ibadah, kekayaan amanah, kekayaan istiqomah. Beliau adalah aghnan naas ‘indana (orang yang terkaya diantara kita) kalau dilihat dari kekayaan beliau adalah azhadun naas, paling jauh dari mengejar kekayaan dan jabatan.

Dalam bulan-bulan terakhir ini, beliau menyampaikan rintihannya kepada saya berkali-kali, namun saya belum sempat mengabulkannya. Beliau tidak ingin di DPR lagi dan ingin lebih mengabdikan dirinya di medan dakwah. Saya sangat menyesal belum sempat mengabulkannya. Itu permintaan beliau yang berkali-kali beliau ucapkan selama 5 tahun memimpin persidangan Majelis Syuro.

Saya juga selalu menjadi saksi bagaimana beliau memimpin dengan mahabbah, dengan penuh cinta. Tidak ada suara yang dipatahkan, sebagaimana tidak ada suara yang diagungkan, semuanya didekati dengan mahabbah fillah (cinta karena Allah). Sehingga 5 tahun mengantarkan majelis syuro PKS, mampu menghasilkan aneka ragam kebijakan yang lahir dari mahabbah wa rahmah yang tercurah dari lubuk hati beliau.
Oleh karena itu, sekali lagi warisan yang beliau tinggalkan sebagai orang yang paling kaya diantara kita adalah warisan yang sangat banyak; warisan mahabbah, warisan kasih sayang, warisan qudwah, warisan taat, warisan tajarrud (totalitas), warisan ukhuwah yang harus kita tumbuh kembangkan. Inilah warisan yang terbesar dari orang yang paling kaya di antara kita. Saya pun sejak tadi malam dan hari ini ketika 25 tahun ditakdirkan menyambut beliau bergabung dalam gerakan dakwah ini, hari ini pun ditakdirkan oleh Allah untuk mengantarkan beliau meninggalkan beban dakwah, tugas dakwah, tugas perjuangan yang besar ini. Mudah-mudahan kita, bisa istiqomah seperti yang beliau contohkan.

Beliau walaupun secara dakwah kelihatannya adalah murid saya, tapi sebenarnya dia juga guru saya. Dia ustadzi fi qudwatihi, ustadzi fi shabrihi, ustadzi fi mahabbatihi (Dia mengajari saya dengan keteladanan, dengan kesabaran, dengan ketulusan, dengan keistiqomahan dan keikhlasan) yang selalu menyirami hati-hati semuanya. Sekali lagi saya ingatkan, beliau orang terkaya diantara kita, kaya dengan aqidahnya, kaya dengan akhlaknya, kaya dengan ibadahnya, kaya dengan spiritualnya, kaya dengan ruhaniyahnya, kaya dengan moralnya. Begitu juga beliau kaya dengan fikrohnya, kaya idealismenya, kaya ideologinya, kaya wawasan berfikirnya dan kaya dengan daya juangnya serta kaya dengan pengorbanannya.
Kekayaan yang beliau tinggalkan inilah yang harus kita tumbuh kembangkan sebagai amanat dari beliau. Mudah-mudahan kita sebagai penerus yang baik seperti beliau ini.

Sebagai kesaksian terakhir, bahwa beliau dengan mengorbankan seluruh kepentingan dirinya, keluarganya, dunianya, seluruhnya dihibahkan untuk dakwah. Dan sudah tentu beliau adalah salah satu tonggak sejarah dalam penegakan da’wah ilallah menuju li i’la’i kalimatillah hiyal ‘ulya di Indonesia insya Allah.***
(disampaikan Ust. H. Hilmi Aminuddin, saat pemakaman jenazah Ustadz Rahmat Abdullah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar